Tuesday, October 13, 2009

Photo Story Final Project

Pada akhir pelajaran Mass Communication, saya mendapatkan tugas untuk membuat sebuah film dalam bentuk video. Dimana maksud dari tujuan nya adalah agar saya dapat belajar menggunakan photo story dan pengerjaannya sebagai nilai dari tugas akhir saya. Saya memilih untuk membuat film tentang Global Warming, karena kabtulan pada saat itu thema yang sedang banyak menjadi perbincangan adalah Pemanasan Global di seluruh Dunia dikarenakan sebagaian besar dari mahluk dunia kurang perduli terhadap lingkungan dan sekitar. Maka dari itu, saya mengangkat thema tersebut. Ini adalah hasil Photo Story yang saya buat:

YoungSexyLovely Magazine

Ini merupakan tugas akhir dari pelajaran Desktop Publishing. Di tugas ini saya di wajibkan untuk membuat sebuah majalah dengan menentukan jenis majalah tersebut juga membuat strategi marketing, baik dalam pemasaran, alasan di buatnya majalah tersebut, serta pendistribusian juga target marketnya. Majalah yang saya buat merupakan majalah urban yang mengkhususkan bagi pecinta Fashion yang selalu Up to Date dan memiliki gaya hidup Urban. Berikut untuk lebih jelasnya dapat download di :
ms.word majalah YSL:
http://www.filefactory.com/file/a0g74a8/n/YSL_WORD_ok_doc


ini adalah contoh cover dari majalah YSL

Pemilu Legislative President 2009

Musim kampanye Partai Politik dan Calon Legislatif menjelang dilangsungkannya Pemilihan Umum tanggal 9 April 2009 sudah mendekati akhir. Dan tinggal dalam hitungan hari masyarakat Indonesia harus menetapkan hati untuk menggadaikan masa depan diri dan bangsanya kepada Partai Politik dan wakil-wakilnya yang berada di lembaga legislatif. Sekadar melihat hari-hari selama masa kampanye, masyarakat adalah bagian penting bagi para caleg dan parpol. Bahkan untuk memperoleh perhatian dari masyarakat pula partai politik dan para caleg rela merendahkan dirinya dengan berbagai macam cara, dari yang paling cerdas sampai yang sangat bodoh, dan dari yang mengharukan sampai yang mengundang rasa iba. Kita bisa melihatnya dalam berbagai jenis poster, iklan politik dan tingkahnya dilapangan yang kadang bernuansa konyol. Itu semua tentu berujung pada harapan memperoleh simpati dari masyarakat yang pada akhirnya mau memilihnya. Dalam kampanye itu pula, parpol dan caleg sangat cekatan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, seolah merekalah yang paling peduli dengan masyarakat. Berbagai bantuan, bermacam buaian janji-janji dan menampakan diri paling jujur, paling peduli, paling bisa dipercaya dan paling mampu membawa kepentingan masyarakat menjadi strategi yang digunakan untuk mempengaruhi suara masyarakat. Singkatnya mereka ingin menunjukan bahwa mereka yang paling layak untuk dipilih sebagai anggota legislatif, wakil yang akan memberi jalan bagi kesejahteraan rakyat yang diwakili.

Seandainya keakraban antara rakyat dan wakilnya seperti saat kampanye maka tidak akan ada jarak yang memisahkan antara kepentingan rakyat dengan pengemban amanahnya. Seandainya janji-janji yang disampaikan semua caleg dan parpol seluruhnya dilaksanakan, maka sudah sejak dulu pula tidak ada masyarakat lagi yang tidak melek huruf atau anak yang rela bunuh diri akibat tidak bisa membayar uang sekolah karena pendidikan menjadi murah bahkan tidak berbiaya, tidak ada lagi anak-anak yang berkeliaran di jalanan untuk mengamen atau keluarga yang berhitung untuk makannya karena kemiskinan, atau tidak ada pemuda-pemuda yang menganggur karena terbatasnya peluang kerja. Dan seandainya juga perilaku caleg dan parpol adalah seperti yang disebutkan yang jujur, bersih dan anti korupsi maka tidak akan adalagi kebocoran keuangan negara atau penggembosan kekayaan negara untuk pribadi atau hanya untuk golongannya.

Dari semuanya di atas, sudah sepantasnya kita tidak bergantung lebih dengan apa yang akan kita pilih dalam pemilu nanti, meski juga kita tidak boleh pesimis dan menafikan kemungkinan yang ada, termasuk kemungkinan menuju lebih baik. Kampanye, pemilu dan wakil-wakil kita di legislatif memang telah berulang kali kita lakukan dan kita pilih, dan meskipun juga perbaikan dan kesejahteraan yang dijanjikan belum menampakan titik terangnya, tetapi kita sebagai warga negara tetap harus berikhtiar yang salah satunya melalui memilih parpol dan wakilnya di legislatif. Memang ketidakpercayaan dan apatisme yang selama ini menghinggapi kita terhadap parpol dan para anggota legislatif tidak mudah dilepaskan, tetapi dari sekian banyak parpol atau para caleg mungkin masih ada yang bisa diharapkan, meskipun sangat minimal dan seperti penuh perjudian. Terakhir mudah-mudahan perjudian kita di Pemilu nanti adalah perjudian yang memberikan keuntungan.

Friday, October 9, 2009

WII Project

Project ini adalah bagian dari Group Project dimana kami membuat sebuah konsep acara launching atau pameran yang bertujuan mengkomunikasikan produk yang kami tawarkan dengan cara yang dianggap atraktif bagi pelanggan ataupun calon pelanggan. Kemudian merencanakan untuk membuat sebuah acara launching yang telah direncanakan secara seksama baik dari budgeting, konsep, dan segmentasi market yang akan kami tuju. dalam launching itu kami juga mengadakan sebuah Wii family game championship, dimana dalam acara tersebut akan ada banyak perlombaan yang menggunakan game-game yang ada dalam console Wii.

Berikut gambaran-gambaran yang kami gunakan dalam launching tersebut :

Desain standing banner :


Desain Invitation :


Untuk pembahasan yang lebih lengkap anda dapat men-download file yang telah saya sediakan :
Ms word Wii Project

Analysis MAC Company&Product



Situational Analysis

Company Profile
M·A·C (Makeup Art Cosmetics) Cosmetics is recognized as one of the most revolutionary and influential companies in the global cosmetics industry. Founded in 1984 by Freddy Mac, to support the creative needs and high standards of professional makeup artists, today M·A·C stands at the epicenter of fashion, beauty and popular culture. The company's extraordinary ability to create innovative products and cultivate new markets has led to its unparalleled growth and expansion, with more than 750 locations in 48 countries around the world.
M.A.C was established in Toronto when makeup artist and photographer Frank Toskan and beauty salon owner Frank Angelo brainstormed a makeup line. Frustrated because of the lack of colours that would shoot well with photography, their aim was to develop a studio line makeup line that would fulfill their professional needs. M·A·C was homegrown in Canada - literally. The two entrepreneurs cooked up the cosmetics in their kitchen and sold them from the hair salon. Their first customers: fellow makeup artists, models, photographers. Then came stylists and editors. With every colour, and every magazine credit, word-of-mouth popularity grew.
In 1994, as AIDS spread across the globe, M·A·C's co-founders searched for a way to respond to the epidemic. Encouraged by input from employees, they decided to make HIV/AIDS organizations the beneficiaries of the company's charitable focus: the M·A·C AIDS Fund was born. To date, through various fundraising initiatives such as VIVA GLAM, "Kids Helping Kids Greeting Cards" and the "M·A·C Deck of Cards," and with the help of celebrity spokespeople from the entertainment and fashion industries, the M·A·C AIDS Fund to date has raised more than $32 million.

SWOT Analysis
M.A.C is well known as a big cosmetic company in the world. Every company has their own strength and weakness. Strength able to cover the weakness, so it will minimize the bad things in a company.
- Strength : many variation of colour, it is safe for any types of skin, aller
tested, and many types of make up.
- Weakness : expensive to buy because its quality and cannot reach all market
segments because we have high image and brand.

M.A.C also have an opportunity and threats. It is comes from outside the company.

- Opportunity : M.A.C use high technology, employees are expert in cosmetic
industry, and can reach the target market in many country around the world.
- Threats : There are so many competitors which has high quality and lower price.
This is some threats which will make our customer not interest
anymore and trying other brand.
Mondschein Public Relations Consultant

Mondschein PR Consultant was established in September, 2000. Mondschein means crescent (bulan sabit) in English. Word ‘Mondschein’ is comes from Germany. We have chosen this name because we believe that our PR Consultant able to brighten our client’s problem, same like a moon can light the darkness.
Our office center is located in Kemang and we have two branch offices which located in Tebet and Kelapa Gading. Our main purpose is to provide the high quality services with the amount of budget which wanted by our client. We have a vision that always give us a spirit to achieve the goals, which is to be the best PR Consultant in our field. This is not only a theory, but we always make this vision to be real. Our missions are always provide customer’s need, (menjunjung tinggi ontime), and keep the high quality of our services.
As a PR Consultant, we have lots of clients which we have handled recently. Some client wanted us to launch their new product so public will recognize the product and use it immediately. Cadbury has launched their product which called Cadbury Banana Flavoured. They were used us as their PR Consultant to launch their product to the public. Another example is when Indomie with pizza flavoured asked our company to launched their product. It was held on June 2004 at Grand Kemang Ballroom. We always give the best quality and satisfy our customer with our services. Mondschein has a very good team work to do some activities which customer has given to us.
We believe that all we have done always satisfy the customer because we always learn more and accept the suggestions and critic from our customer.

Situation Analysis
Product Characteristics
Second Skin for Make Up have special characteristics which is make it different from another product . This product has an advantage which make us believe that we will satisfy our customers. The advantages are simple , modern , sophisticated and supported by high technology from USA. Beside the advantages, this product have a benefit which is easy to use , we can use it at anytime in the short time, so the customers will get what they want in easy way.
Nowadays, women are busy and they are mobile , this product will make them easier to use make up in the short time. So, with this product , make up does not being something difficult for women. In other hand, woman who use this will get the perfect make up like they want because we guarantee this product’s result is perfect in the color , fit with the shape of face, because when people buy this product , their face will be measured , starts with the length and width of the face , to the tipes of skin , the color of face , the shape of nose, lips, eyes, forehead, eyebrow, eyelashes , cheek , and chin. This step is to fullfil the passion of every women to look beautiful and great. The product fit with face , made of plastics mix with elastic rubber , it is connected with the wire to the special machine that we will get if we buy the product.
There are two machines, the main machine is use for all the options that customer can do to make-up their face, such as to pick the color based on what the customer wants. The other machine is use for put and connect the make-up, such as foundation, eye shadow, eye brow pencil, eye liner, shimmer, blush on, lipstick and another stuffs of makeup to the the face. So, if the one of the make-up is out of stock, the customer able to refill and put it in the machine.
Situation Analysis
Product Characteristics
Second Skin for Make Up have special characteristics which is make it different from another product . This product has an advantage which make us believe that we will satisfy our customers. The advantages are simple , modern , sophisticated and supported by high technology from USA. Beside the advantages, this product have a benefit which is easy to use , we can use it at anytime in the short time, so the customers will get what they want in easy way.
Nowadays, women are busy and they are mobile , this product will make them easier to use make up in the short time. So, with this product , make up does not being something difficult for women. In other hand, woman who use this will get the perfect make up like they want because we guarantee this product’s result is perfect in the color , fit with the shape of face, because when people buy this product , their face will be measured , starts with the length and width of the face , to the tipes of skin , the color of face , the shape of nose, lips, eyes, forehead, eyebrow, eyelashes , cheek , and chin. This step is to fullfil the passion of every women to look beautiful and great. The product fit with face , made of plastics mix with elastic rubber , it is connected with the wire to the special machine that we will get if we buy the product.
There are two machines, the main machine is use for all the options that customer can do to make-up their face, such as to pick the color based on what the customer wants. The other machine is use for put and connect the make-up, such as foundation, eye shadow, eye brow pencil, eye liner, shimmer, blush on, lipstick and another stuffs of makeup to the the face. So, if the one of the make-up is out of stock, the customer able to refill and put it in the machine.


BUDGET

Guest 100 people + 20 unexpected guest
- Place (Ballroom Hotel Sultan Jakarta) : Rp.100.000.000
- Food and Beverage : Rp. 40.000.000
Afternoon Tea
(bread, sushi, cake, croissant, pie, dips, fruits, tea, coffee)
- Artist (Rossa) : Rp. 35.000.000
- Dr. Adhi Djuanda SpKK : Rp. 5.000.000
- Marsha Timoty (Icon of Mac) : Rp. 20.000.000
- Goody Bag 120 piece : Rp. 6.000.000
(notes, pen, catalogue, questionnaire, rundown,
lipgloss not for sale)
- Sound and Equipment : Rp. 25.000.000
(mic 4, monitor, band equipment)
(chair, stage, desk, guest book, stationaries)
- Decoration : Rp. 20.000.000
- MC (Thalia Jessica) : -
- Invitation Card (120 piece) : Rp. 2.400.000 +
: Rp.253.400.000
- Miscellenous Expense : Rp. 20.000.000 +
: Rp.273.400.000
- Fee 20% (comission based) : Rp. 54.680.000 +
Total : Rp.328.080.000
Budget from MAC – Total from PR consultant = Rest
Rp. 500.000.000 – Rp. 328.080.000 = Rp. 171.920.000




Program Information

Title : Shine and Glamour with Venner
Place : Ballroom Hotel Sultan Jakarta
Date : Saturday, 12 July 2008
Time : 4.30 pm until 6.30 pm (afternoon tea)
Reasons : with this event we expect that our product can be known by many people
especially for those who concern in beauty.


PRESS KIT
PROGRAM RUNDOWN
3.00 pm – 4.00 pm : Preparation for event
4.30 pm – 4.40 pm : - Opening by MC
- Greeting from Owner MAC
4.40 pm – 5.00 pm : - Explain the point of view of product launching
- Slide show of MAC’s company profile and about second skin of
face make up
5.00 pm – 5.45 pm : - Dr Adhi Djuanda, SpKK will explain about skin
Question and answer of Dr Adhi Djuanda’s explanation
- Marsha Timothy will explain about how to look beauty and
present the new product of MAC’s
Question and answer of Marsha Timothy’s expalination
5.45 pm – 6.15 pm : - Afternoon tea
- Rossa perfom and the show
6.15 pm – 6.30 pm : Closing Event
NEWS FROM PT.MAC INDONESIA
PRESS RELEASE
MAC LAUNCHES VENEER, SECOND SKIN OF MAKE UP FOR WOMAN

PT.MAC Indonesia will make a product launching for their new product, named Veneer, second skin of face make – up for woman. It will be held at Ballroom Sultan Hotel Jakarta on Sunday, 12 july 2008. The product launching will start at 4.30 pm until 6.30 pm.
Larasya Annielsi as a president of PT.MAC Indonesia said, ‘ we are now in globalization era, of course we don’t have much time to take care of our self’. She added, ‘PT.MAC Indonesia are really know about what woman needs, so we proudly present Veneer, second skin of face make – up for woman. It is fast, easy to used and safe for woman skin face’.
This event also invite Marsha Timothy as the icon of MAC Indonesia. She will explain everything about great feature, advantages, and benefit of the product. To make the customer believe about Veneer is safe for skin face, MAC Indonesia also invite Dr.Adhi Djuanda, SpKK as specialist skin care. Veneer as a second skin of face make – up for woman is suitable for those who follow the fashion trend of make – up.
MAC was established in Toronto 1984. MAC is one of the best make – up for fashion show. The fashion show usually using MAC for the best touch up finishing. As we can see MAC well known in Fashion TV.
ENDS

Yuanita Kurnia Endah, Press Officer
PT. MAC Indonesia
(021) 55777788

For further information please call :
Pingkan Putripradita Tel: (021) 55777788
Marketing Manager Fax: (021) 5577799
PT. MAC Indonesia
Sudirman Tower, lantai 6
Mega Kuningan
Jakarta Pusat
Indonesia



At this press conference we will give information about our company to the press. We want to tell the press about the whole aspect of MAC, so we will give them a press kit that contain company profile of MAC and also information about Veneer which we launched at this event.
We will give goody bag to the guest. We will not let the guest go home without bring anything. We prepared goody bag for souvenir that we hope will impress the guest. Inside goody bag, we give lip gloss for woman from MAC, in purpose to let guest try MAC’s outstanding product. We also give notes, pen, questioner and catalogue of MAC’s product.

Kebebasan Mengeluarkan Pendapat Di Depan Umum

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Negara Indonesia adalah sebuah Negara yang menganut sistem demokrasi, dimana kedaulatan rakyat diakui, sehingga kekuatan tertinggi berada di tangan rakyat. Dengan berjalannya sistem demokrasi, hak-hak asasi manusia yang dimiliki tiap individu dapat dijamin karena hak-hak tersebut turut berpengaruh dalam proses berjalannya sebuah pemerintahan Negara. Hal ini berarti mereka dapat berekspresi dan mengeluarkan aspirasi baik dalam bentuk tulisan maupun lisan yang tentunya harus dengan memperhatikan waktu dan tempat, serta tanggung jawab yang penuh.
Kebebasan berekspresi tetap harus menghormati aturan-aturan moral yang berlaku secara umum, menaati hukum dan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperhatikan tata cara dimana unsur kekerasan tidak terdapat di dalamnya; misalnya, unjuk rasa yang tidak disertai dengan aksi pembakaran, penjarahan, maupun perkelahian yang seringkali berujung pada kerusuhan. Perilaku negatif tersebut di atas merupakan contoh-contoh pelanggaran terhadap hak asasi orang lain, karena mengganggu ketertiban dan keamanan bersama. Negara dan pemerintah bekerjasama dalam mengatur etika mengungkapkan pendapat untuk mewujudkan ketertiban umum, keamanan nasional, moralitas masyarakat, dan terjaminnya hak-hak masyarakat.
Dewasa ini, disadari atau tidak, kebebasan berekspresi dan mengeluarkan pendapat di muka umum sering melenceng dari aturan yang sebenarnya, dimana kehendak dari masing-masing individu dikeluarkan dengan sebebas-bebasnya tanpa memperhatikan lagi batasan-batasan yang ada. Tentunya, peran dari aparat keamanan serta hukum dalam pemerintahan sangat dibutuhkan demi menjaga keamanan umum dan ketertiban bersama dalam masyarakat. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menerapkan prinsip bebas bertanggungjawab terhadap warga negara Indonesia di depan umum.


B. Rumusan Masalah
1. Pasal berapakah yang terdapat dalam UUD 1945 yang mengatur tentang kebebasan dalam mengeluarkan pendapat? Jelaskan!
2. Dalam dunia Internasional, adakah pasal yang mengatur tentang kebebasan mengeluarkan pendapat di muka umum?
3. Di dalam negara yang demokratis, sulitkah mengeluarkan pendapat yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku ketika kita mengeluarkan pendapat di muka umum?

C. Tujuan Penelitian
Negara kita merupakan negara demokrasi. Kita pun menjunjung nilai persatuan dan kesatuan bangsa kita. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah kita dapat mengerti dan memahami apakah sebuah makna dari demokrasi. Demokrasi berarti adil. Adil dalam bentuk apapun. Misalnya dengan mengeluarkan pendapat, pendapat yang kita berikan kepada masyarakat merupakan hak kita dalam mengeluarkan pendapat sebagaimana telah tertulis dalam UUD 1945 yaitu Pasal 28 tentang mengeluarkan pendapat. Pendapat yang kita berikan hendaknya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Nilai dan norma yang dimkasud adalah cara dari kita menyampaikan makalah, topik apakah yang akan kita bicarakan di muka umum, dan bagaimana penyampaian dari makalah ini agar dapat dimengerti oleh pembacanya. Tujuan dari pembuatan makalah ini disamping membuat pembaca mengerti bagaimana dan apa yang disajikan di dalamnya, tetapi makalah ini dapat membuat pembacanya ingin turut ikut serta dalam memberikan pendapatnya di muka umum.




D. Metode Penelitian
1. Studi Lapangan (Field Study) yaitu Teknik Observasi, yakni melakukan pengamatan secara langsung terhadap gejala-gejala yang diteliti.
2. Studi Kepustakaan (Literature Study), yaitu usaha-usaha untuk memperoleh data dengan membaca berbagai buku sebagai kajian atau landasan teori.
3. Teknik Pengumpulan Data, yaitu menggunakan data kualitatif.

E. Sistematika Uraian
BAB I : Bab ini berisi uraian tentang latar belakang masalah, rumusan
masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan sistematika uraian.
BAB II : Bab ini berisi tentang pembahasan tentang kebebasan
mengeluarkan pendapat di muka umum.
BAB III : Bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran-saran.
DAFTAR PUSTAKA : Daftar Pustaka berisi tentang berbagai buku dan situs
yang menjadi referensi penulis dalam pembuatan
makalah ini.
















BAB II

ISI

KEBEBASAN MENGELUARKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM


Legislasi atas kebebasan mengemukakan pendapat diprakarsai oleh Anders Chydenius di kerajaan Swedia. Sekarang hak untuk mengajukan pendapat, telah dijamin dalam hukum Internasional, terutama pasal 19 yang berisi hak setiap orang untuk menyampaikan pendapat.
Dalam hukum Internasional, kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum, dibutuhkan tiga batasan, yakni :
- Sesuai dengan hukum yang berlaku
- Punya tujuan baik yang diakui masyarakat
- Keberhasilan dan suatu tujuan sangat diperlukan

Menurut John Stuartmill, untuk melindungi kebebasan berpendapat sebagai hak dasar adalah ”Sangat Penting Untuk Menemukan Esensi Adanya Suatu Kebenaran”.
Kesetaraan martabat dan hak politik mengidentifikasi tentang kesamaan hak politik dari setiap warga negara, termasuk hak mendapatkan akses untuk informasi politik serta kebebasan mendiskusikan dan mengkritik figure public. Dalam negara demokrasi, selain menghargai mayoritas, juga pelaksanaan kekuasaan harus bertanggung jawab dan responsive terhadap aspirasi rakyat. Di Indonesia sendiri hak ini telah dicantumkan dalam pasal 28 ayat 28E ayat (2) dan ayat (3) Undang-undang Dasar 1945 yang berisi “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”.
Sebagai contohnya adalah : Tahun 1998 di saat awal mula tumbangnya pemerintahan Presiden Soeharto, terjadi peristiwa dimana puluhan ribu mahasiswa berunjuk rasa dan turun ke ruas jalan raya di kota Jakarta.
Contoh-contoh awal moment unjuk arsa berubah menjadi gerakan yang narkis dan melanggar tata tertib sosial yaitu berupa perampokan, penjarahan, dan pembakaran yang memakan banyak korban jiwa. Dengan melihat kondisi seperti itu, pemerintah akhirnya mengeluarkan penndapat di muka umum yang menyatakan bahwa ”Mewujudkan Kebebasan Bertanggung Jawab Sebagai Salah Satu Pelaksanaan Hak Asasi Manusia Sesuai Dengan Pancasila dan UU 1945”.
Sesuai dengan pendapat diatas, ”Setiap Warga Negara Yang Akan Menyelenggarakan Unjuk Rasa Mempunyai Hak dan Kewajiban Yang Harus Dipatuhi”. Hak dan Kewajiban tersebut diatur dalam pasal 5 dan 6 UUD no.9 tahun 1998. Hak-hak yang dimiliki warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum yaitu dengan mengeluarkan pikiran secara bebas dan memperoleh perlindungan hukum. Sedangkan kewajiban yang harus di tanggung jawabkan anatara lain :
- Menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain
- Menghormati aturan-aturan moral yang diakui publik
- Mentaati hukum dan ketentuan peraturan yang berlaku
- Menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum
- Menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa

Pemahaman yang selama ini berkembang bahwa pada masa reformasi ini kebebasan dikeluarkan dengan sebebas-bebasnya sesuai dengan kehendak masing-masing individu tersebut tanpa ada pembatasan-pembatsan apapun. Undang-undang tidak membatasi adanya kebebasan mengelurkan pendapat di muka umum. Akan tetapi, undang-undang bermaksud menjaga tertib sosial yang telah tercipta di dalam masyarakat.









Mengapa Kebebasan Mengemukakan Pendapat itu Penting?

Menyampaikan pendapat adalah hak setiap orang. Sikap kritis dapat ditunjukkan sebagai kritik sosial adalah perwujudan dari kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum baik secara lisan maupun tulisan .
Dan mengapa kritik social ,dalam hal ini kebebasan mengemukakan pendapat menjadi penting dikedepankan padahal kemajuan reformasi politik akhir-akhir ini juga tak dapat disangkal?
Alasan yang pertama, tindakan kekuasaan negara (state power)melalui pemerintah, parlemen, lembaga kehakiman serta para pejabat yang berwenang lainnya tidaklah untuk negara itu sendiri, melainkan seharusnya untuk memajukan kesejahteraan umum, melindungi kemerdekaan warga dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tapi faktanya, banyak operasi kekuasaan ini yang cenderung korup.
Yang kedua, para pemegang kekuasaan dalam institusi-institusi negara terbuka untuk melakukan penyelewengan dari wewenang dan tanggung jawabnya baik demi kepentingan pribadi maupun kelompoknya. Kendati reformasi politik mulai terlembaga, tapi faktanya penyelewengan seperti korupsi terus saja meluas dan pelakunya tanpa malu-malu melakukannya.
Yang ketiga, setiap penyelewengan kekuasaan (abuse of power) dapat merugikan dan mengancam atau membahayakan. Korupsi yang dilakukan para pemegang kekuasaan dipastikan merugikan kepentingan dan tujuan memajukan kesejahteraan umum. Sementara perilaku otoriter atau sewenang-wenang dipastikan mengancam atau membahayakan pelaksanaan hak-hak warganya.
Dengan pertimbangan di atas, maka kebebasan masyarakat dalam mengemukakan pendapat berupa kritik sosial sangatlah penting sebagai jalan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja para pemegang kekuasaan tersebut. Jika para pemegang kekuasaan menjalankan otoritasnya tanpa dikritik, tampaknya kekhawatiran segera terjadinya penyimpangan sulit dihindarkan. Seolah-olah mereka beroperasi tanpa ada pihak yang mengingatkan dan mengawasinya.
Setiap kritik yang diungkapkan bukan saja sebagai bagian dari pelaksanaan kebebasan menyampaikan pendapat, tapi juga pelaksanaan reformasi politik dapat diingatkan dari berbagai penyelewengan. Prinsipnya, harus ada pihak lain yang memberikan penilaian atas perilaku dan kinerjanya, sehingga ia dapat diimbangi dan memperingatkannya untuk kembali di jalur reformasi dan perang melawan KKN. Maka itu,apabila ada sejumlah pihak yang mengutarakan pendapat mereka dengan cara melakukan kritik terhadap para pelaku pemerintahan itu sendiri.
Secara nasional, mengemukakan pendapat kita akan membantu pencapaian tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Berpendapat dan pengembangan kritik akan mendidik orang untuk berpikir, mengemukakan pendapat, melengkapi dengan argumentasi, serta kemampuan dalam membaca suatu persoalan dan selanjutnya menemukan solusinya.
Sebagai contoh, mantan bos badan intelijen KGB yang kini Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah dikritik oleh banyak kalangan atas kebijakan dan langkah yang diambilnya termasuk kasus penyanderaan di Beslan dan pengebirian demokrasi. Ia bahkan dikritik tidak becus. Kritik juga diutarakan mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Tapi Putin tak mengambil tindakan mengusir pengamat internasional maupun menahan atau menggugat orang-orang yang mengkritik ke pengadilan. Ia hanya menjawab semua kritik ini dengan lisan atau tulisan. Dan sekarang terbukti bahwa atas kepemimpinan dia di Rusia,perekonomian di Rusia membaik .Hal ini membuat banyak orang simpatik kepadanya.Terbukti,tanpa kekerasan,suatu negara dapat berjalan dengan baik.
Partisipasi masyarakat juga harus ditingkatkan.
Dengan mendasarkan pada argumentasi di atas, pentingnya kebebasan berpendapat dengan kritik sosial menjadi sarana perimbangan terhadap operasi kekuasaan yang dijalankan oleh mereka yang berwenang di negara ini. Diharapkan pula para pemegang wewenang ini tak lantas berbuat sewenang-wenang dengan hak – hak mereka dan menyelewengkan keuangan negara yang justru dibutuhkan bagi pemenuhan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya warganya.
Para pemegang wewenang yang diduga telah melakukan kesalahan atau tak becus bekerja harus ditindak tegas. Penilaian atas berbagai kelemahan kinerja bertujuan untuk segera memperbaikinya demi kemajuan di masa depan. Tugas-tugas mereka yang kurang efektif, harus segera diperbaiki efektivitasnya. Tindakan membuang-buang waktu, harus ada solusi untuk menjadwalkan ulang aktivitasnya. Perilaku yang memboroskan biaya, harus diambil langkah yang rasional.Dan yang peling penting adalah mereka herus bersedia menerima kriktik-kritik yang diberikan pada mereka,dan bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka sebelumnya.
Dalam mengembangkan sikap kritis, setiap upaya menggerakkan kebebasan menyampaikan pendapat haruslah diletakkan dalam relasi antara negara (state) dan masyarakat warga (civil society). Kritik yang didasarkan pada partisipasi masyarakat mempunyai sumbangan penting bagi pembentukan masyarakat. Kepentingan publik lebih ditekankan ketimbang kepentingan eksklusif segelintir orang.
Pendapat dan kritik apa pun pendapat yang disampaikan kepada para pemegang kekuasaan atau wewenang tertentu bertalian dengan perilaku dan kinerjanya haruslah dilancarkan secara terbuka dan tidak boleh ditentang dan dilarang oleh pihak manapun. Dengan keterbukaan inilah suatu pendapat/kritik yang disampaikan dapat diketahui publik, sehingga memungkinkan timbulnya respons tak hanya bagi yang menerima kritik, juga bagi orang lain yang mengetahuinya.Selain itu ,Kritik-kritik tersebut sangat berguna dalam membangkitkan partisipasi masyarakat luas untuk bersatu memperbaiki dan me-monitori kinerja dari pemegang kekuasaan. Apabila ada suatu persoalan umum yang menjadi keprihatinan mereka. Ia akan berkembang dalam suatu diskusi, dan bergerak lebih jauh dengan menyampaikan atau menyuarakan pendapat di muka umum yang bergulir sebagai protes.Kalangan mahasiswa, buruh, orang-orang yang tergusur, LSM dan pihak-pihak yang menaruh keprihatian atas persoalan umum lah yang paling banyak menuntut kebebasan mereka untuk mengemukakan pendapat meraka.
Setiap upaya melancarkan kritik dapat ditingkatkan dalam suatu kegiatan yang terlembaga. Keberadaan LSM yang secara khusus menangani isu-isu tertentu seperti hak-hak asasi manusia dan korupsi. Beroperasinya LSM pengawas (watch) dan studi sampai advokasi menunjukkan perkembangan ini. Kendati begitu, perluasan partisipasi warga jauh lebih penting mengingat dari sinilah kekuatan pendapat dan kritik dapat dibangun dan peluang menuj kesuksesan pada akhirnya menjadi cepat terrealisasi.Yang paling penting adalah,apapun keadaannya,apabila ada pihak yang ingin mengutarakan pendapat mereka,tidak boleh dicegah atau dihentikan,karena sekarang adalah jaman reformasi yang berdasarkan pada asas kebebasan...
Dikembangkan dari pernyataan Ketua Majelis Anggota PBHI


























Beberapa Contoh dari Peristiwa Pelanggaran Hak untuk Mengemukakan Pendapat.

v Kasus Bank Mandiri
Sumber : Artikel Poskota Minggu 12 Agustus 2007
FSPMBB Sayangkan Bank Mandiri

Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu (FSPMBB) menyayangkan penjatuhan sanksi terhadap sejumlah karyawan Bank Mandiri yang berunjuk rasa menuntut peningkatan kesejahteraan.

Menurut Ketua FSPMBB Arif Poyuwono melalui siaran persnya, sikap manajemen Bank Mandiri sangat disayangkan. Hal itu mencerminkan ketidakfahaman manajemen terhadap aturan kebebasan mengemukakan pendapat dan hak pekerja.

“Seharusnya menejemen Bank Mandiri memahami dan menghormati kemerdekaan anggota dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum,” kata Arif. “Akan lebih baik bila manajemen Bank Mandiri mendengarkan dan mendiskusikan tuntutan mereka.”

Sebelumnya Serikat Pekerja Bank Mandiri (SPBM) berunjukrasa menuntut peningkatan kesejahteraan. Buntutnya, sejumlah karyawan yang dianggap sebagai pelopor dikenai sanksi oleh perusahaan.

Arif menegaskan manajemen Bank Mandiri bisa dipidana karena diduga menghalang-halangi kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.

Karenanya, FSPMBB minta Meneg BUMN memeriksa Direksi Bank Mandiri. Selain itu, juga minta digelarnya RUPSLB terkait dengan skorsing dan intimidasi terhadap pekerja yang menggelar unjuk rasa.

Sesuai dengan Undang Undang dan aturan yang berlaku.Kebebasan setiap orang untuk berpendapat haruslah dihormati oleh semua orang,tidak terkecuali.
Manajemen bank Mandiri harusnya dapat menghormati hak para karyawan untuk mengutarakan pendapat mereka.Adanya ketidakfahaman manajemen terhadap aturan kebebasan mengemukakan pendapat dan hak pekerja yang menimbulkan sejumlah karyawan yang dianggap sebagai pelopor dikenai sanksi oleh perusahaan. Dimana seharusnya hal tersebut tidak terjadi. Dalam kasus ini,adalah benar apabila manajemen Bank Mandiri bisa dipidana karena telah melanggar peraturan yang berlaku.
v Kebebasan Pers untuk Berekspresi Terancam
Sumber : Kompas
Jakarta, Kompas - Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana tidak hanya mengancam kebebasan pers, tetapi juga kebebasan berekspresi dari masyarakat. Bila RUU KUHP itu disahkan, demokratisasi di negeri ini tidak akan bisa berjalan.
Dalam Memorandum Dewan Pers untuk memperingati Hari Kebebasan Pers Dunia disebutkan pasal-pasal dalam RUU KUHP yang berpotensi membelenggu hak-hak masyarakat untuk berpendapat, berekspresi, dan berkomunikasi. Aturan itu jelas sekali bertentangan dengan Pasal 28 Amandemen UUD 1945 serta Tap MPR XVII/1978 tentang Hak Asasi Manusia.
Memorandum itu dibacakan Ketua Dewan Pers Ichlasul Amal, seusai diskusi bertema "Kebebasan Pers dan RUU KUHP" di Jakarta, Selasa (3/5).
"Catatan yang kami berikan ini untuk memberikan dorongan kepada publik agar mau benar-benar mempelajari RUU KUHP. Masyarakat harus menyadari persoalan RUU KUHP ini sangat penting, bukan hanya bagi wartawan tetapi juga untuk kepentingan demokrasi," kata Ichlasul.
Dewan Pers menyebutkan, setidaknya terdapat 49 pasal karet dan juga ketentuan pasal-pasal dalam UU Subversi yang pernah dicabut MPR.
Beberapa pasal-pasal karet itu, misalnya, menyangkut penyebaran ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme, pembocoran rahasia negara, penghinaan, penghasutan, penyiaran berita bohong, pornografi, pencemaran nama baik dan fitnah.
Berkaitan dengan kebebasan berekspresi dan kemerdekaan pers, Dewan Pers berpendapat RUU KUHP menjadi ancaman bukan saja karena tetap dipertahankannya pasal-pasal karet melainkan juga penetapan sejumlah pasal dengan menggunakan delik formal. Misalnya mengenai penyebaran kabar bohong dan berita tidak pasti, seorang wartawan bisa dihukum hanya karena dugaan menyebarkan kabar yang diketahui dan menimbulkan keonaran (pasal 307 RUU KUHP).
"Pasal-pasal itu tidak hanya mengancam pers tetapi juga masyarakat yang sedang berunjuk rasa, pembicara diskusi, penceramah, ilmuwan bahkan seniman pun bisa terkena hukuman pidana," ujar Ichlasul.
Selain itu, Dewan Pers juga menilai, adanya ketentuan pidana tambahan dalam RUU KUHP berupa pencabutan hak menjalankan profesi juga dirasakan berlebihan. Profesi wartawan bisa dicabut oleh negara jika negara memandang terjadi pelanggaran profesi. "Padahal semestinya pencabutan profesi merupakan domain organisasi profesi, bukan wilayah yang diatur negara," katanya
Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-undang Hukum Pidana seharusnya ditinjau ulang karena sama saja dengan pengekangan kebebasan pers.Apabila RUU ini disah-kan,sama saja dengan kembalinya zaman dimana pers dipasung,dan tidak boleh berekspresi .Hal ini akan menimbulkan ketidak terbukaan dalam masyarakat yang tentunya menuntut transparasi dari pemerintahan,yang selama ini.
v Mengecam Kekerasan Terhadap Kebebasan Pers
Terkait dengan insiden jatuhnya reporter Suara Surabaya, Faiz Fajaruddin, yang hendak meliput kedatangan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Jendral (Pol) Da'i Bachtiar, yang menurut infomasi akan datang ke Hotel Sheraton, Jumat malam itu (27/5). Namun, Faiz ditarik dan terjatuh. Kekerasan tersebut dilakukan Kepala bidang Hubungan Kemasyarakatan Kepolisian Daerah Jatim, Komisaris Besar Endro wardojo (Kompas, 31 Mei 2005).
Pelarangan peliputan yang dilakukan Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris besar Endro Wardojo, merupakan bentuk kekerasan terhadap Kebebasan Pers, dan merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kami mengutuk aparat polisi yang telah melakukan tindak kekerasan yang dilakukan pada kawan-kawan wartawan. Sebenarnya, aparat polisi sebagai penegak hukum dan pelayan serta pelindung bagi masyarakat, tidak seharusnya memperlakukan wartawan yang sedang mencari informasi, demi kelangsungan proses demokrasi.
Surabaya, 31 Mei 2005
Sumber :
BC Nusantara, S.H.
Deputi WALHI Jatim
Tak ada demokrasi tanpa kebebasan berpendapat. Kebebasan berpendapat merupakan salah satu hak paling mendasar dalam kehidupan bernegara. Pasal 19 DUHAM menyebutkan:
Setiap orang berhak atas kebebasan memiliki dan mengeluarkan pendapat. Dalam hal ini, termasuk memiliki pendapat tanpa gangguan dan untuk mencari, menerima, serta menyampaikan informasi dan buah pikiran melalui media massa, dengan tidak memandang batas.
Sesuai Prinsip Hukum dan Demokrasi, bahwa perlindungan hukum dan kepastian hukum dalam menegakkan hukum perlu ada keterbukaan dan pelibatan peran serta masyarakat. Untuk itu, kebebasan pers, hak wartawan dalam menjalankan fungsi mencari dan menyebarkan informasi harus dipenuhi, dihormati, dan dilindungi.
Ancaman terhadap kebebasan pers di Indonesia, umumnya datang dari dua pihak, yakni penguasa dan pemodal. Bentuk ancaman tersebut umumnya terjadi pada masa Orde Baru. Namun, setelah reformasi, keadaan berubah. Harus diakui keterbukaan informasi mulai terjadi. Pers bebas memberitakan segala tindak tanduk pemerintah, khususnya setelah UU Pers yang baru, UU No. 40 tahun 1999 ditetapkan.
v Penerapan Undang-Undang Kolonial Dan Praktek-Praktek Era Soeharto Untuk Menahan Para Aktivis Politik
Meskipun ruang gerak politik bagi perbedaan pendapat meningkat luar biasa sejak kejatuhan Soeharto, aturan-aturan tertulis yang membatasi kebebasan berpendapat masih tecantum secara luas pada kitab-kitab (undang-undang), dan berlangsung terus dalam rangka memudahkan penguasa-penguasa mencapai target pribadinya secara sewenang-wenang. Aturan hukum tersebut, pada wujud dan dalam prakteknya, melanggar hak asasi untuk kebebasan berpendapat. Pasal 19 dari Deklarasi Universal HAM, yang secara luas dianggap sebagai cerminan hukum adat internasional mengenai HAM, menyatakan: “Setiap orang bebas mengeluarkan pendapat dan berekspresi.”
Pasal 28 UUD 1945 mengacu pada kebebasan berpendapat, namun perundang-undangan dan dan peraturan-peraturan di bawahnya melarang hak dasar ini. Akibatnya adalah ,demi hukum, orang Indonesia masih dapat dijebloskan dalam penjara karena “menghina” presiden, atau mengungkapkan “perasaan benci” menentang pemerintah, bahkan sentimen-sentimen semacam itu ditawarkan sebagai bagian dalam menjalankan perbedaan politik secara damai.
Untuk tujuan laporan ini, Human Rights Watch mengamati secara khusus para aktivis anti kekerasan yang ditangkap, ditahan dan dihukum berdasarkan dua kategori/kelompok pasal dalam KUHP.
· Pasal KUHP mengenai tindak kriminal menentang pemerintah yang berkuasa .Pasal 134, 136, dan 137 memuat tuduhan mengenai “penghinaan” terhadap presiden dan wakil presiden Indonesia dan menetapkan hukuman kriminal bagi siapa saja yang menyebarkan, berdemo secara terbuka atau memasang tulisan atau gambar yang isinya menghina presiden atau wakil presiden. Pasal ini menetapkan hukuman selama-lamanya enam tahun penjara untuk pelanggaran tersebut.
· Pasal KUHP mengenai “penyebaran kebencian” .Pasal 154,155 dan 156 memuat tuduhan mengenai “ungkapan perasaan masyarakat yang bersifat memusuhi, membenci ataupun memandang rendah pemerintah” dan melarang “mengungkapan perasaaan dan pandangan semacam itu melalui media massa.” Pasal ini menetapkan hukuman selama-lamanya tujuh tahun penjara untuk pelanggaran tersebut.
Sebagai sisa-sisa peninggalan pemerintah kolonial Belanda, pasal-pasal ini sering dipakai oleh pemerintahan Soeharto untuk melarang kebebasan berpendapat. Lawan-lawan politik, para kritikus, mahasiswa dan pembela HAM dijadikan sasaran dan dibungkam. Pasal-pasal ini tidak saja tunduk terhadap interprestasi yang terlalu melebar, namun banyak esensinya yang membatasi hak-hak individu dalam mengeluarkan pendapat. Pasal-pasal ini juga melanggar semangat yang tercantum dalam UUD Indonesia, yang mencoba melindungi hak tersebut pada saat kemerdekaan.
Dalam suatu persidangan baru-baru ini terhadap serorang aktivis yang dituduh menghina Presiden Megawati, pembela menyimpulkan argumen-argumennya dengan menyatakan bahwa:
Pada pasal 134 dan pasal 137 (1) KUHP substansi tindak kriminal belum sepenuhnya bisa dimengerti. Konsekuensinya adalah masih terbuka kesempatan bagi para pemegang kekuasaan, yang dalam hal ini diwakili oleh kepolisian dan jaksa penuntut, untuk mengadakan interpretasi mutlak terhadap aksi-aksi individu; baik aksi itu berupa tindakan, perkataan, atau bahkan pemikiran, yang berbeda dari pendapat penguasa yang berlaku. Hal ini tentu sungguh berbahaya bagi perkembangan proses demokrasi, pertumbuhan HAM, dan perkembangan hukum di Indonesia.
Kelompok-kelompok HAM dan para reformis, di Indonesia dan di luar negeri, berharap bahwa di negara Indonesia yang demokratis pasal-pasal ini bisa dicabut. Munarman, ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia atau YLBHI di Jakarta, berkata kepada Human Rights Watch: “Hanya ada dua cara untuk menghentikan penggunaan undang-undang tersebut melawan politik. Anda dapat menghentikan penggunaannya dalam praktek, tetapi hal ini saja kurang kuat. Yang efektif adalah anda harus mencabutnya dari KUHP.”
Sejak Megawati kembali berkuasa warisan legislatif ini telah dihidupkan kembali oleh pemerintahannya. Walaupun sejumlah isu mengenai orang-orang terkenal yang menggoyang Indonesia sudah diberikan pada saat itu, pekembangan tersebut sedikit mendapat perhatian baik dari dalam dan luar negeri. Akan tetapi kebebasan berpendapat adalah suatu kondisi yang diperlukan untuk menjalankan hak-hak lainnya, dan dakwaan-dakwaan yang sudah disebutkan tadi memberikan gambaran mengenai seluruh pencapaian HAM yang terjadi di Indonesia sejak lengsernya Soeharto
Human Rights Watch menghimbau pemerintahan Indonesia dan MPR untuk mencabut pasal-pasal mengenai penghinaan presiden dan wakil presiden serta pasal-pasal mengenai “penyebaran kebencian”. Selanjutnya, pemerintah Indonesia harus membuat suatu komitmen terbuka untuk tidak lagi melakukan dakwaan dengan menggunakan pasal-pasal tersebut, menghapus setiap tuduhan yang tak beralasan menurut pasal-pasal tersebut, dan melepas semua orang yang ditawan dan dipenjarakan karena melanggar pasal-pasal tersebut.

Di zaman reformasi seperti sekarang ini Pasal KUHP yang masih tidak adil terhadap masyarakat yang mengutarakan pendapatnya,dimana istilahnya karena adanya undang undang yang berlaku masyarakat Indonesia masih dapat dijebloskan dalam penjara karena “menghina” presiden, atau mengungkapkan “perasaan benci” menentang pemerintah.Apabila memang kesalahan ada di pihak masyarakan yang bias dibilang melakukan suatu tindak provokasi dengan demo-demo yang mereka lakukan dan merugikan banyak pihak,mungkin adanya KUHP ini memang dapat menciptakan keadilan di Negara ini.Tetapi fakta yang ada selama ini,mereka yang melakukan protes memang benar-benar mewakili apa yang ada di pikiran rakyat,dimana pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan kesalahan dalam kinerja mereka hal ini tentunya memudahkan penguasa-penguasa bertindak secara sewenang-wenang karena siapapun yang menentang mereka dapat dijatuhi hukuman karena ada hokum yang memberatkan mereka danterbuka kesempatan kepolisian dan jaksa penuntut yang menangani kasus ini, melakukan penilaian mutlak terhadap aksi-aksi individu-individu baik tindakan, perkataan, atau bahkan pemikiran, yang berbeda dari pendapat penguasa yang berlaku. Hal ini tentu sungguh berbahaya bagi perkembangan proses demokrasi, pertumbuhan HAM, dan perkembangan hukum di Indonesia.Maka itu,partisipasi semua kalangan masyarakat sangat diperlukan,dan tentunya adalah kesadaran dari pihak berwenang yang memiliki posisi tinggi di pemerintahan ini.Mulai dari presiden,para menteri,para anggota dewan,serta para polisi dan jaksa.
v Denda untuk Koordinator Urban Poor Consortium (UPC).
Sumber : INDOMEDIA
Koordinator Urban Poor Consortium (UPC), Wardah Hafidz, akhirnya dinyatakan bersalah dan dihukum denda Rp2.200 dalam kasus berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan bersama ratusan abang becak tanpa seizin polisi.
Majelis Hakim Pangadilan Negeri Pusat menilai Wardah terbukti melanggar pasal 510 dan 511 KUHP junto UU 9/1998 tentang kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum.
Namun keputusan majelis dalam sidang yang digelar Selasa (29/2) pagi itu, tanpa dihadiri tersangka Wardah karena dia bersama para penasihat hukumnya melakukan walk out sebagai ungkapan protes.
Wardah dan tim penasihat hukumnya menolak sidang, karena UU yang digunakan merupakan produk rezim otoriter.Ditambahkan, pihaknya juga menolak karena polisi yang menggebuk ternyata juga memeriksa, menuntut dan menyerahkan berkas ke pengadilan.
Sementara pengadilan, menurut dia, mau saja menerima berkas itu sehingga digelar sidang. "Dari sini terlihat, pengadilan hanya merupakan alat kekuasaan, karena itu perlu direformasi."
Karenanya, tambah dia, Wardah dkk tak mau mengulangi pengadilan kasus 27 Juli yang merupakan peradilan sesat.
Menurut Jhonson, Wardah bersama tukang becak berunjuk rasa supaya mendapat perhatian pimpinan pemerintahan. Siapa lagi yang akan mendengar kalau bukan pimpinan pemerintah.
Seperti diketahui, Wardah Hafidz ditangkap aparat Polda Metro ketika berunjuk rasa di depan Istana Kepresidenan, Senin (28/2) malam.Ia kemudian langsung diperiksa di Direktorat Reserse Polda Metro Jaya dan terpaksa menginap di Mapolda bersama 10 abang becak.Selama di Mapolda, Wardah sempat ditengok dua anggota PKB, Effendi Choirie dan Andi Nazmi Fuaidi. Keduanya menjenguk Wardah untuk memberikan dukungan moral.Usai diperiksa, polisi segera menyerahkan berkas di pengadilan, yang langsung menggelar sidang tipiring itu
Masih terdapat pro-kontra terhadap undang undang yang mengatur kebebasan seseorang untuk berpendapat.Undang –undang yang ada dianggap merupakan produk rezim otoriter dimana kurang menjunjung kebebasan masyarakat untuk berpendapat.Dilain pihak,pihak yang berwenang juga melakukan tindak semena-mena terhadap meraka yang melakukan aksi demo.Bagaimana keadilan dapat tercapai apabila pihak berwenang pun tidak dapat bersikap adil.
Maka diharapkan demi tercapainya keadilan.janagn ada lagi tindakan semena-mena dari pihak berwenang atas dasar ada hokum yang berlaku kepada meraka yang mempejuangkan haknya,selama apa yang diperjuangkan adalah benar dan demi kesejahteraan banyak pihak,tidak ada yang boleh mengekang mereka.Kebebasan pendapat haruslah dijunjung tinggi.













BAB III
KESIMPULAN dan SARAN
A. Kesimpulan
Kebebasan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat penting sekali di dalam Negara Indonesia karena Negara Indonesia menganut system demokrasi. Dengan adanya kebebasan tetapi kita semua sebagai warga Negara yang baik harus menaati aturan – aturan moral secara umum dan menaati hukum, menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperhatikan tata cara dimana unsur kekerasan tidak terdapat di dalamnya.
kebebasan berpendapat di muka umum sering melenceng dari aturan yang sebenarnya, dimana kehendak dari masing-masing individu dikeluarkan dengan sebebas-bebasnya tanpa memperhatikan lagi batasan-batasan yang ada. Maka dari itu kita harus mengetahui sampai mana kita bebas mengeluarkan pendapat sesuai dengan Undang – Undang 1945.


B. Saran
Dengan adanya kebebasan berpendapat kita sebagai warga Negara yang baik harus menaati norma – norma atau peraturan – peraturan yang ada di Negara Indonesia, selain itu kita harus sama – sama saling menghormati apabila ada perbedaan pendapat diantara masyarakat. Dengan begitu tidak ada lagi kekerasan yang karena perbedaan pendapat.

SingaporeTourism


Jurong Bird Park

If you are looking for a quick break from the hustle and bustle of the Singapore urban lifestyle, you can visit the Jurong BirdPark where 9,000 colourful birds of 600 species will amaze you with their variety, shapes and sizes.

The newly revamped BirdPark offers a range of new and exciting exhibits and facilities which are truly breathtaking and worth your while. Make sure you pay a visit to the 2007 ASEANTA winner for Best ASEAN New Tourist Attraction - The African Wetlands. This African-themed exhibit with African huts and a body of water, houses endangered birds like the Shoebill, the African Crowned Crane, the Saddle-Billed Stork and more.

The newly revamped Birds n Buddies Show now includes bird-inspired characters as buddies to the largest collection of live birds in a show performance. Created by a Las Vegas Show producer, the costumes with intricate sequins and decorative beads plus the interactive birds and audience acts have made the show more endearing to its loyal flock of fans.

Whether you hop into a special tour, go behind-the scenes, feed Lories in the Lory Loft, catch the Birds of Prey Show, learn to Be-a-Falconer or get into the Panorail to catch a bird’s eye view of the whole park, there’s no doubt that the BirdPark is an enchanting paradise of birds and colours.

From the Penguin Parade in a re-created Antarctic setting to the Southeast Asian Birds Aviary featuring a walk-in aviary with simulated tropical thunderstorms, the birds enjoy an environment designed to be as natural to their original habitat as possible. The Waterfall Aviary is a firm favourite, home to 1,500 free-flying African birds. So is the Riverine, a new simulated natural freshwater river habitat featuring over 20 species of ducks, fish and turtles.


At two bird shows, you can watch flamingos, macaws, hornbills, cocktatoos and even hawks in action! Or start the day in style – by having breakfast with a star-studded bird cast!

To view the park from all angles, start by boarding the modern panorail system, followed by a walking tour.

Winner of the Tourism Awards 1999, 2000 & 2003.
Tourism Host of the Year.


Clarke Quay

Shop, eat and be entertained by the riverside! Featuring five blocks of restored warehouses, Clarke Quay offers a quirky alternative to mainstream attractions, with second-hand and antique shops, flea markets and restaurants with an amazing array of F&B options. In the evenings, dance clubs and pubs come alive with music from the 1960s to the present.

Or get your dose of adrenaline rush with the G-Max Reverse Bungy! Which is designed and developed in New Zealand eight years ago, the G-Max is Singapore’s first extreme ride. It involves up to three people being seated in a specially designed open air steel reinforced capsule, attached by US-approved bungy cords to two towers. The cords are tightened and then released, catapulting the capsule up to 60m in the air at speeds of 200kph. The ride lasts for about 5 minutes.

Named after Sir Andrew Clarke, Singapore's second governor, Clarke Quay had been the commercial centre, where an unending stream of lighters would transport their goods upriver to the warehouses. Near the entrance to Clarke Quay on River Valley Road is Whampoa's Ice House which belonged to Hoo Ah Kay, an early immigrant from Whampoa, China who imported ice from Boston in the mid-1800s before ice-making facilities were available in Singapore. Note how the Chinese and European merchants brought their own architectural styles to the area.



Esplanade

Esplanade - Theatres on the Bay is one of the world’s busiest arts centres, officially opened on 12 October 2002.

The original Esplanade was built in 1943 and refers to a park that today occupies 2.4 hectares along Connaught Drive opposite City Hall. In 1985, the Master Plan for an arts centre to be built in Singapore was developed and Esplanade was chosen to be the site upon which it sat. The original Esplanade site was redeveloped in 1991 to enhance the civic districtand while further reclamation work for the arts centre was also began.

In 1992, a team comprising respected local firm DP Architects (Singapore) and Michael Wilford & Partners (UK) was chosen to begin work on the centre. To maintain the valuable links between the past and present, the arts centre was subsequently named Esplanade - Theatres on the Bay.

Today, this architectural icon with its distinctive twin shells is sited within Singapore’s civic district, just by Marina Bay at the mouth of the Singapore River. Esplanade comprises two large halls: the 2,000-seat theatre and the 1,600-seat Concert Hall, complimented by two smaller studios, an outdoor theatre as well as a mall. The two domes housing the Theatre and Concert Hall were designed in glass, to convey a sense of openness. To keep the centre cool in the tropics, over 7,000 pieces of aluminium sunshades together with double-glazed laminated glass were installed on a steel truss frame to form the cladding that makes the centre such a striking architectural icon against Singapore’s city skyline. The spiky cladding has since earned the centre the popular nickname of a beloved local fruit, the Durian.

Esplanade aims to be a performing arts centre for everyone, and its programmes cater to its diverse audiences. Its programme line-up spans all genres to encompass music, dance, theatre and visual arts, with a special focus on Asian culture.

Merlion

The Merlion was first designed as an emblem for the Singapore Tourism Board (STB) in 1964 – the lion head with a fish body resting on a crest of waves quickly became Singapore’s icon to the rest of the world.

Originally located at the Merlion Park by the Esplanade Bridge, the Merlion and the Cub became a popular tourist attraction for visitors. The installation ceremony took place on 15 September 1972, officiated by the then Prime Minister of Singapore, Mr Lee Kuan Yew.

Today, the Merlion has found a new home just 120 metres away from its original location, adjacent to one Fullerton.

Measuring 8.6 metres high and weighing 70 tonnes, the Merlion statue was built from cement fondue by the late Singapore craftsman, Mr Lim Nang Seng. A second and smaller Merlion statue, measuring two metres high and weighing three tones, was also built by Mr Lim. The body was made of cement fondue, the skin from porcelain plates and eyes from small red teacups.

Designed by Mr Fraser Brunner, a curator of the Van Kleef Aquarium, the lion head represents the lion spotted by Prince Sang Nila Utama when he re-discovered Singapura in 11 AD, as recorded in the "Malay Annals". The fish tail of the Merlion symbolises the ancient city of Temasek (meaning “sea” in Javanese) by which Singapore was known before the Prince named it “Singapura” (meaning “lion” (singa) “city” (pura) in Sanskrit), and represents Singapore’s humble beginnings as a fishing village.


Little India

As you step into Little India, be prepared for an assault on the senses! You will be greeted by the strong, heady scent of spices and jasmine garlands, followed by the treasure trove of silverware, brassware, wood carvings and colourful silk saris, dazzling to behold. Pick up a walking guide and start your exploration of this colourful ethnic quarter.

The first Indian settlers in Singapore arrived with Sir Stamford Raffles as assistants and soldiers back in 1819. In the late 19th century, many more Indian immigrants arrived to find work, be it as labourers to build roads or to take up key positions in the civil service.

Today, Little India is the focal point of Singapore's Indian community. Its spice-scented streets beckon you to a cornucopia of ethnic jewellery, jasmine garlands and silk saris. From the large Tekka Centre and Little India Arcade to the small provision shops, Little India is packed with interesting things to discover. During Deepavali (usually between Oct/Nov), the Indian Festival of Lights, Little India is transformed into a fairyland of gaily decorated, brightly lit streets bustling with shoppers. Witness also the faith of devotees during the colourful and ritualistic Thaipusam in Jan/Feb each year.

Colourful temples co-exist side by side with churches and mosques, parrot fortune tellers stationed by the five-foot way and tantalizing scents of spices drifting out from restaurants. Don’t leave Little India without a temporary Henna tattoo or try “Teh Tarik”, a hand pulled cup of tea.

Final Project ( Interview Account Manager in Advertising Agency)

Name : Puri H.Kusumah
Position : Account Manager
Advertising Agency : PT.Oze Mitra Indonesia
Working experience :
Ø 8 years working in advertising agency
Ø PR Consultant di salah satu perusahaan swasta
Ø as Account Executive in Nyonya Meneer
Ø as Account Executive in PT.Dentsu Indonesia Inter Admark
Ø as Account Manager in PT.Oze Mitra Indonesia

The reason why I interest this position in Advertising Agency :
Alasan mengapa saya berminat mewawancarai seorang Account Manager karena saya ingin sekali mengetahui dan mengenal lebih jauh hal hal apa saja yang di kerjakan sebagai AE/AM dan bagaimana penguasaan mereka dalam bidang tersebut, tanggung jawab, bertemu dengan orang orang baru dengan berbagai macam karakter, dan seru nya bekerja di bidang ini tidak se formal pekerjaan d kantor biasa.

Her Roles as Account Manager in Oze Mitra Indonesia:
Sebagai seorang Account Manager sebuah perusahaan periklanan swasta yang tergolong baru berdiri di Indonesia, tugas dan peranan Account Manager di perusahaan ini sedikit berbeda. Karena semua tugas di haruskan dapat di kerjakan secara perorangan bukan seperti perusahaan lainnya yang mungkin memiliki tim work masing masing .
Seorang Account Manager, seperti yang di miliki oleh Puri, diharapkan memiliki sifat yang dinamis, komunikatif, out going person, low profile sehingga mempermudah dalam berkomunikasi dan ber dealing dengan client.
Dalam kesehariaanya peranan seorang Account Manager/AE selalu berhubungan dengan client secara langsung. ia harus bisa meyakinkan client pada advertising agecy pada tempat ia bekerja. Menservis client dengan ide ide kreatif yang mana dapat meningkatkan brand atau product dari client tersebut . Mengkomunikasikan art work dari client pada bagian media kreatif dan para staff produksi, yang mana secara berkala melakukan contact report untuk memastikan bahwa apa yang di tangkap oleh kita sesuai tidak melenceng dan sesuai dengan keinginan client. Account manager juga membuat schedule, copy, layout serta meminta approval pada client.


Her responsibilities as Account Manager in OZE Mitra Indonesia :
Tanggung jawab sebagai seorang Account manager di perusahaan periklanan ialah memastikan bahwa artwork atau project yang di berikan oleh client harus tepat waktu dengan tanggal yang di tentukan, tidak di perbolehkan melewati batas waktu karena juga menyangkut kredibilitas perusahaan tersebut akan profesionalisme nya.
Sebagai contoh ketika kita di minta dalam pembuatan iklan Terios yang mengambil syuting di Bali, kita harus bisa mengatur agar pembuatan iklan dapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan jangka waktu yang di berikan. Tanggung jawab lain yang kita miliki, kita harus bisa memuaskan client akan hasil kerja kita sehingga hubungan kita dengan client bisa berjalan dengan lancar dalam jangka waktu yang panjang, seperti yang di pantau oleh Account director.
Seorang Account Manager harus bertanggung jawab terhadap perubahan perubahan yang di minta oleh client dan menginformasikan kembali ke bagian media creative dan para staff lain nya. Maka dari itu seringkali oleh karena pekerjaan yang harus di selesaikan seorang AM / AE harus bersedia pulang larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan terkadang bekerja dalam bagian ini tidak ada batasan waktu meski pun jam kerja sudah selesai. Tetapi di perusahaan OZE sendiri memiliki kebijakan bagi setiap Account Manager/Executive di berikan waktu istirahat yang biasa di sebut ‘one day off’ bila seorang Account Manager/AE memiliki jam terbang penuh selama seminggu atau lembur atau melewati batas waktu kerja, biasanya dalam seminggu di berikan 1 hari libur. Ataupun jika memang pekerjaan sudah selesai dapat pulang kebih awal dari jam kerja yang di tentukan.
Special skills needed:
Diakui oleh kak Puri sendiri dalam setiap pekerjaan memang di butuhkan kemampuan kemampuan dalam bidang tertentu. Namun sejalan dengan waktu kita akan belajar untuk memahami pekerjaan kita , contohnya adalah kak Puri yang sekarang menjabat sebagi seorang Account director, backgroundnya adalah dalam bidang perbankan.
namun karena sudah bekerja dalam bidag advertising selama delapan tahun, maka ia di tuntut untuk paham dan professional akan pekerjaan yang ia geluti sekarang.
Di katakan juga oleh kak puri, pertingkatan dari Account Executive(AE) > senior AE > Account Manager > Assosiation Director, hinggga menuju tingkat tertinggi di bidang ini > Art Director semua itu berawal dari ‘learning by doing’ yang mana sambil belajar sekaligus mengerjakan.
Dan nyatanya cara ini yang paling flexible, karena dalam pekerjaan sendiri tidak hanya di butuhkan latar belakang dari pendidikan kita tapi juga bagaimana kita menghadapi dan beradaptasi terhadap pekerjaan itu.
Seorang Account Executive/AM harus sudah mulai ‘hatam’ atau ‘perintilan’ (sebutan untuk para AE/AM di OZE) atau dalam bahasa kita di sebut mahir, jika mendapat suatu project dari client, sebagai contoh : ketika membuat brosur, client meminta waktu 3 hari dalam pembuatan nya, saat itu juga harus bisa di kerjakan. Account Executive/AM harus mengert strategi dan menguasai komunikasi.
Sedangkan Account Director hanya mengontrol kerja kita dari belakang dan memikirkan bagaimana hubungan jangka panjang dengan client agar terus berlangsung.

Advantages as Account Manager :
Dengan keseharian yang berhadapan langsung dengan client dan selalu bertemu orang orang baru, maka dengan itu kita dapat belajar karakter masing masing orang. Kita jadi semakin mengerti bagaimana menghadapi dan memperlakukan setiap orang berbeda.
Selain mempelajari secara psikologi, kita akan semakin mempunyai banyak teman, menambah wawasan dan manta tahu jika berencana membangun usaha mempermudah kita karena adanya jaringan dengan berbagai orang.
Keuntungan lainnya bekerja sebagai Account Manager, bagi kita yang suka bertemu dengan artis, dengan mudah berkesempatan bertemu langsung dengan mereka.

Disadvantages as Account Manager :
Berhubung tuntutan pekerjaan yang terkadang menyita waktu, maka kita harus pulang larut malam dan mengurangi aktu istirahat serta berkumpul dengan keluarga. Sejauh ini ketidaknyamanan yang dirasakan oleh kak Puri hanya pulang larut malam itu.
Additional Stories :
Delapan tahun bekerja dalam bidang advertising yang mana sekarang di percayakan sebagai seorang AM adalah peluang sangat menyenangkan bagi kak Puri. Latarbelakang pendidikan perbankan dan mengawali karier sebagai sekertaris lalu PR lalu Account Executive di Dentsu merupakan hal yang menyenangkan baginya yang sangat di nikmati.
Pengalaman dulu bekerja di dentsu sebagai seorang Account Executive selama kurang lebih 4 tahun sedikit berbeda dengan sekarang sebagai seorang Account Manager di OZE, karena bila dulu ia bekerja dalam pembuatan iklan sebagai contoh BNI, ia mendapat draft dari client lalu membentuk sebuah tim dan mengerjakan tugas tersebut bersamaan.
Sedangkan di OZE, belum ada specialisasi terhadap client dan tidak adanya pembentukan tim AM/AE, dikarenakan perusahaan ini juga tergolong baru berdiri 3 tahun dan karyawan nya juga baru melingkup sekitar 70 orangan tidak seperti Dentsu yang mempunyai karyawan 200 orangan.





Her additional stories :
Latar belakang pendidikan yang sama sekali tidak berhubungan dengan bagian periklan membuat kak Puri pada awalnya agak sedikit kewalahan. Di awal karier yang bermula sebagai sekretaris lalu beralih menjadi PR consultan yang menjadi batu loncatan sehingga ia mendapat tawaran sebagai AE Nyonya Meneer yang pada awalnya membuat ia sdikit kewalahan karena sama sekali tidak mengerti bekerja pada bidang ini, namun seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit kak Puri semakin mengerti dan menjdi handal, hingga ia mendapat panggilan kerja dari Dentsu (salah satu perusahaan advertising terkenal), mengingat kembali pada awal kerja di dentsu, saat itu dimana ia mendapat pekerjaan membuat iklan Bank Mandiri, ia bersama seorang temannya ( Intan, yang sampai sekarang bekerja juga di OZE ) membentuk Tim khusus dalam pembuatan iklan tersebut, sekitar 20 orangan. Kesibukan dal jadwal yang padat sampay membuat kak Puri jatuh sakit tipes, karena di haruskan lembur dan tepat waktu dalam pembuatan iklan tersebut. 3 tahun bekerja di Dentsu , kak Puri berpindah ke OZE. Tidak terasa sudah setahun ia bekerja di periklanan tersebut dan di akui sangat menyenangkan dan ia menikmati nya.

Parker's Pen Company

Ini adalah salah satu Group Project Subject International Marketing di Semester I, dimana kami menganalisa tentang Parker Company yang memproduksi Pulpen dan memiliki market pasar besar di Dunia. Untuk lebih lengkapnya, silahkan di Download disini
Presentasi

What is considered to be the important factors to gain success in life? (PR Project)

Background

Vielfarbig Company is a company which provides social activities for students. Our company has a strategy and creating the mutual understanding between students and its problem. Vielfarbig means colorful in English. As we know, students have a various characteristics. They still energic, rebellion, and they love to try anything new in their life. They want to fulfill their life in this young age with a colorful thing. So, we have chosen this name based on their needs.
We have a client that we have chosen. Our client are students of the London School of Public Relations. There are many problems that they have face everyday. Such as, they do not want to improve their ability. Meanwhile, they have to do that everyday to get more knowledge. The other problem is they want to be a successful person but they do not want to give their efforts in their life.
Problem’s analysis :
- Strength : Everyone wants to be success because they have
willingness.
- Weakness : Most of them do not aware about their ability.
- Opportunity : The strict competition will give the desire to learn
more about success.
- Threats : There are so many amusement place recently. So,
people will spend their time into that place to get more
fun.
We have chosen some problems that we have to handled. The problems are most of them do not have awareness to do their best, whereas they have an ability to achieve what they want and they are so many amusement place recently, so many of students will spend their time into that place to get more fun.

1. Program’s objective

In student’s activity, there are so many problems that they have face. So, they are lazy to get more activities to improve their brain. By creating something in their school or doing something important for their school, they able to getting better in their whole life.
All of the students have awareness in their mind, but some of them do not have it. In fact, most of the students in university do not have awareness to do their best, meanwhile they have an ability to achieve what they want.

2. Target Public
As a company, we already have a chosen our target public to make us easier to handle them, due to the fact that in this city there are so many universities around us, such as Bina Nusantara University, Atmajaya Catholic University, Tarumanagara University, and others. We have to make our target public change into a good person and good behavior.
Our segmented publics are students in The London School of Public Relations, Jakarta. They are female or male, from 18-22 years old, and they live in Jakarta. Their lifestyle is hangout after they studied in college. Their psychological are laziness fulfill their minds. They are lazy to reach successes and their dreams to make it true.
Every student has their own characteristic. Most of them are love to hangout with their friends after they have studied in college. They like to go to cafe, malls, and any other places that make the students interest to go. Based on our research in The London School of Public Relations, most of the students are spend their time to get a relationship inside the The London School of Public Relations’ building.

3. Program Details
We want to make a seminar for all of the students which we have segmentized. This seminar has a purpose to give all the students to develop their spirit. We as the event organizer should know how to make a good seminar, so all the participant will join it. Example, we invite a public figure who also care about the topic and have an ability to share their experience.
We are going to present the seminar in Plaza Semanggi, Sudirman, because we think that the place is strategies and near the university. We choose Saturday to held the seminar because this is weekend day, so we hope that the students can come and join the seminar.
The content details are:
· The speaker is Andy Malaranggeng (the President speakers) and Agnes Monica (An Actress)
· We would like to invite the The London School of Public Relations’ students, both male and female
· We decorate the place simple and comfortable for the students to attendance the event through the seminar
· We provide sofa for the speakers and the moderator, with comfortable chair for the students during the seminar
· We use projector, microphones, and speakers
· We provide lunch for the guest

6. Evaluation Method
- Invite Press Release from LSPR, Cosmo Girl , and Go Girl. We as a Vielfarbig Company want to make sure that our seminar is on their magazine in June.
- We will evaluate after we have done the seminar, start from the audience whose attended the seminar until end of the seminar.

Monday, October 5, 2009

MY CV

Personal Data

Name : Ribkha Ida Ivana Pakpahan
Place, Date of Birth : Jakarta, 22 November 1989
Sex : Female
Marital Status : Single
Height/Weight : 160/48kg
Address : Jl. Bungur besar no.145a, Bungur Senen, Jakarta Pusat
Phone (CDMA) : 021 99991853
Email : ribkhapakpahan@yahoo.com


FORMAL EDUCATION

2007 – Present London School of Public Relations (LSPR)
Bachelor Art of Communication Studies
Major : Marketing
Latest GPA :
2004 - 2006 Jubilee International High School Jakarta
2001 - 2003 Santo Paskalis Junior High School


NON FORMAL EDUCATION

2002 - 2003: English Course at LBPP LIA - basic & intermediate level
2004: English First School - Keystage 2 & Waystage 1
2005: English First School- Waystage 2
2006: HOPE Education- IELTS Preparation
2006: Institut Teladan INTEN- Lembaga Pendidikan Seleksi Penerimaan mahasiswa Baru


SEMINARY & WORKSHOPS

2009: Participant of “ Marketing : BANGKRUT (Bagaimana Mengatasi Krisis Dengan Menggunakan Teknologi)” Jakarta
2009: Participants of LSPR Fashion Day Urban SAGA "FASHION JURNALISM"
2009: Participants of LSPR Fashion Day Urban SAGA "OPPORTUNITY IN FASHION BUSINEES"
2008: Participant of “MARKPLUS CONFERENCE 09” Jakarta


EXPERIENCES

2009 Finalist Mr&Miss LSPR 2009
2009 Dancer on The 17th Alumni Award 2009
2008 Voulenteer of LSPR Community Relation


ACHIEVEMENTS

2009 finalist Mr&Miss LSPR 2009
2009 First Class Pass - Level 1
City and Guild English for Business Communication [ECB] Jakarta
2005 General English Course Waystage 2
2004 General English Course Keystage 2
General English Course Keystage 1
2004 Intermediate Level English - LBPP LIA Jakarta
2003 Basic Level English – LPBB LIA Jakarta


SKILLS

Fluent communication in spoken and Written English
Able to work as individual and Good team work
Command in operating MS Word
Talented in Singing and Acting