Friday, October 9, 2009

Final Project ( Interview Account Manager in Advertising Agency)

Name : Puri H.Kusumah
Position : Account Manager
Advertising Agency : PT.Oze Mitra Indonesia
Working experience :
Ø 8 years working in advertising agency
Ø PR Consultant di salah satu perusahaan swasta
Ø as Account Executive in Nyonya Meneer
Ø as Account Executive in PT.Dentsu Indonesia Inter Admark
Ø as Account Manager in PT.Oze Mitra Indonesia

The reason why I interest this position in Advertising Agency :
Alasan mengapa saya berminat mewawancarai seorang Account Manager karena saya ingin sekali mengetahui dan mengenal lebih jauh hal hal apa saja yang di kerjakan sebagai AE/AM dan bagaimana penguasaan mereka dalam bidang tersebut, tanggung jawab, bertemu dengan orang orang baru dengan berbagai macam karakter, dan seru nya bekerja di bidang ini tidak se formal pekerjaan d kantor biasa.

Her Roles as Account Manager in Oze Mitra Indonesia:
Sebagai seorang Account Manager sebuah perusahaan periklanan swasta yang tergolong baru berdiri di Indonesia, tugas dan peranan Account Manager di perusahaan ini sedikit berbeda. Karena semua tugas di haruskan dapat di kerjakan secara perorangan bukan seperti perusahaan lainnya yang mungkin memiliki tim work masing masing .
Seorang Account Manager, seperti yang di miliki oleh Puri, diharapkan memiliki sifat yang dinamis, komunikatif, out going person, low profile sehingga mempermudah dalam berkomunikasi dan ber dealing dengan client.
Dalam kesehariaanya peranan seorang Account Manager/AE selalu berhubungan dengan client secara langsung. ia harus bisa meyakinkan client pada advertising agecy pada tempat ia bekerja. Menservis client dengan ide ide kreatif yang mana dapat meningkatkan brand atau product dari client tersebut . Mengkomunikasikan art work dari client pada bagian media kreatif dan para staff produksi, yang mana secara berkala melakukan contact report untuk memastikan bahwa apa yang di tangkap oleh kita sesuai tidak melenceng dan sesuai dengan keinginan client. Account manager juga membuat schedule, copy, layout serta meminta approval pada client.


Her responsibilities as Account Manager in OZE Mitra Indonesia :
Tanggung jawab sebagai seorang Account manager di perusahaan periklanan ialah memastikan bahwa artwork atau project yang di berikan oleh client harus tepat waktu dengan tanggal yang di tentukan, tidak di perbolehkan melewati batas waktu karena juga menyangkut kredibilitas perusahaan tersebut akan profesionalisme nya.
Sebagai contoh ketika kita di minta dalam pembuatan iklan Terios yang mengambil syuting di Bali, kita harus bisa mengatur agar pembuatan iklan dapat berjalan dengan lancar dan selesai dengan jangka waktu yang di berikan. Tanggung jawab lain yang kita miliki, kita harus bisa memuaskan client akan hasil kerja kita sehingga hubungan kita dengan client bisa berjalan dengan lancar dalam jangka waktu yang panjang, seperti yang di pantau oleh Account director.
Seorang Account Manager harus bertanggung jawab terhadap perubahan perubahan yang di minta oleh client dan menginformasikan kembali ke bagian media creative dan para staff lain nya. Maka dari itu seringkali oleh karena pekerjaan yang harus di selesaikan seorang AM / AE harus bersedia pulang larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan. Dan terkadang bekerja dalam bagian ini tidak ada batasan waktu meski pun jam kerja sudah selesai. Tetapi di perusahaan OZE sendiri memiliki kebijakan bagi setiap Account Manager/Executive di berikan waktu istirahat yang biasa di sebut ‘one day off’ bila seorang Account Manager/AE memiliki jam terbang penuh selama seminggu atau lembur atau melewati batas waktu kerja, biasanya dalam seminggu di berikan 1 hari libur. Ataupun jika memang pekerjaan sudah selesai dapat pulang kebih awal dari jam kerja yang di tentukan.
Special skills needed:
Diakui oleh kak Puri sendiri dalam setiap pekerjaan memang di butuhkan kemampuan kemampuan dalam bidang tertentu. Namun sejalan dengan waktu kita akan belajar untuk memahami pekerjaan kita , contohnya adalah kak Puri yang sekarang menjabat sebagi seorang Account director, backgroundnya adalah dalam bidang perbankan.
namun karena sudah bekerja dalam bidag advertising selama delapan tahun, maka ia di tuntut untuk paham dan professional akan pekerjaan yang ia geluti sekarang.
Di katakan juga oleh kak puri, pertingkatan dari Account Executive(AE) > senior AE > Account Manager > Assosiation Director, hinggga menuju tingkat tertinggi di bidang ini > Art Director semua itu berawal dari ‘learning by doing’ yang mana sambil belajar sekaligus mengerjakan.
Dan nyatanya cara ini yang paling flexible, karena dalam pekerjaan sendiri tidak hanya di butuhkan latar belakang dari pendidikan kita tapi juga bagaimana kita menghadapi dan beradaptasi terhadap pekerjaan itu.
Seorang Account Executive/AM harus sudah mulai ‘hatam’ atau ‘perintilan’ (sebutan untuk para AE/AM di OZE) atau dalam bahasa kita di sebut mahir, jika mendapat suatu project dari client, sebagai contoh : ketika membuat brosur, client meminta waktu 3 hari dalam pembuatan nya, saat itu juga harus bisa di kerjakan. Account Executive/AM harus mengert strategi dan menguasai komunikasi.
Sedangkan Account Director hanya mengontrol kerja kita dari belakang dan memikirkan bagaimana hubungan jangka panjang dengan client agar terus berlangsung.

Advantages as Account Manager :
Dengan keseharian yang berhadapan langsung dengan client dan selalu bertemu orang orang baru, maka dengan itu kita dapat belajar karakter masing masing orang. Kita jadi semakin mengerti bagaimana menghadapi dan memperlakukan setiap orang berbeda.
Selain mempelajari secara psikologi, kita akan semakin mempunyai banyak teman, menambah wawasan dan manta tahu jika berencana membangun usaha mempermudah kita karena adanya jaringan dengan berbagai orang.
Keuntungan lainnya bekerja sebagai Account Manager, bagi kita yang suka bertemu dengan artis, dengan mudah berkesempatan bertemu langsung dengan mereka.

Disadvantages as Account Manager :
Berhubung tuntutan pekerjaan yang terkadang menyita waktu, maka kita harus pulang larut malam dan mengurangi aktu istirahat serta berkumpul dengan keluarga. Sejauh ini ketidaknyamanan yang dirasakan oleh kak Puri hanya pulang larut malam itu.
Additional Stories :
Delapan tahun bekerja dalam bidang advertising yang mana sekarang di percayakan sebagai seorang AM adalah peluang sangat menyenangkan bagi kak Puri. Latarbelakang pendidikan perbankan dan mengawali karier sebagai sekertaris lalu PR lalu Account Executive di Dentsu merupakan hal yang menyenangkan baginya yang sangat di nikmati.
Pengalaman dulu bekerja di dentsu sebagai seorang Account Executive selama kurang lebih 4 tahun sedikit berbeda dengan sekarang sebagai seorang Account Manager di OZE, karena bila dulu ia bekerja dalam pembuatan iklan sebagai contoh BNI, ia mendapat draft dari client lalu membentuk sebuah tim dan mengerjakan tugas tersebut bersamaan.
Sedangkan di OZE, belum ada specialisasi terhadap client dan tidak adanya pembentukan tim AM/AE, dikarenakan perusahaan ini juga tergolong baru berdiri 3 tahun dan karyawan nya juga baru melingkup sekitar 70 orangan tidak seperti Dentsu yang mempunyai karyawan 200 orangan.





Her additional stories :
Latar belakang pendidikan yang sama sekali tidak berhubungan dengan bagian periklan membuat kak Puri pada awalnya agak sedikit kewalahan. Di awal karier yang bermula sebagai sekretaris lalu beralih menjadi PR consultan yang menjadi batu loncatan sehingga ia mendapat tawaran sebagai AE Nyonya Meneer yang pada awalnya membuat ia sdikit kewalahan karena sama sekali tidak mengerti bekerja pada bidang ini, namun seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit kak Puri semakin mengerti dan menjdi handal, hingga ia mendapat panggilan kerja dari Dentsu (salah satu perusahaan advertising terkenal), mengingat kembali pada awal kerja di dentsu, saat itu dimana ia mendapat pekerjaan membuat iklan Bank Mandiri, ia bersama seorang temannya ( Intan, yang sampai sekarang bekerja juga di OZE ) membentuk Tim khusus dalam pembuatan iklan tersebut, sekitar 20 orangan. Kesibukan dal jadwal yang padat sampay membuat kak Puri jatuh sakit tipes, karena di haruskan lembur dan tepat waktu dalam pembuatan iklan tersebut. 3 tahun bekerja di Dentsu , kak Puri berpindah ke OZE. Tidak terasa sudah setahun ia bekerja di periklanan tersebut dan di akui sangat menyenangkan dan ia menikmati nya.

No comments:

Post a Comment